Selasa, 29 Mei 2012

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru


Berikut 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes ditahun 2012 :
1. Robert Budi Hartono
Orang terkaya di Indonesia tahun 2012 versi majalah Forbes adalah Robert Budi Hartono, pemilik dari salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, PT Djarum. Seperti dikutip Vivanews, kekayaan Budi Hartono mencapai USD 6,5 miliar. Pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah tahun 1941 ini juga mengusai saham Bank Central Asia (BCA) bersama saudaranya Michael Bambang Hartono melalui perusahaannya Farindo Holding Ltd.Majalah Forbes tidak hanya sekali mencantumkannya dalam daftar orang terkaya. Pada Tahun 2005, Budi Hartono disebut sebagai orang terkaya ke-321 di dunia. Pada tahun 2012 ia masuk peringkat 146 terkaya di dunia. Tidak hanya dari Djarum dan BCA, ia juga memiliki banyak perusahaan lain diantaranya Grand Indonesia, perusahaan perkebunan sawit dan perusahaan elektronik.

2. Michael Bambang Hartono
Pada peringkat kedua orang terkaya di Indonesia adalah Michael Bambang Hartono. Ia adalah kakak kandung Robert Budi Hartono. Menurut majalah Forbes yang dikutip dari Vivanews, kekayaan Michael Bambang Hartono mencapai USD 6,3 miliar dan menjadi orang terkaya ke-157 di planet bumi versi Forbes. Menurut Forbes pula, pada 2011 lalu, Michael Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia. Michael dan Robert Budi Hartono membesarkan Djarum hingga pasar luar negeri. Seperti dikutip Wikipedia, saat ini Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, jauh melebihi Gudang Garam dan Sampoerna.

3. Low Tuck Kwong
Pengusaha pertambangan batu bara PT Bayan Resources Tbk, Low Tuck Kwong berada pada peringkat 304 dunia versi Forbes dengan total kekayaan mencapai USD 3,6 miliar dan menjadi orang terkaya ketiga di Republik Indonesia. Pria kelahiran Singapura ini, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada tahun 1992. Mengutip dari Kompas.com, ia juga memiliki saham Manhattan Resources and Singapore HealthPartners yang terdaftar di Singapura. Singapore HealthPartners sendiri berencana akan membuka rumah sakit yang terintegrasi dengan pusat medis dan hotel di Singapura pada tahun 2013.

Martua Sitorus4. Martua Sitorus
Martua Sitorus berada pada peringkat keempat deretan orang terkaya di Indonesia tahun 2012 ini. Forbes menulis kekaayaan USD 3,0 miliar dan menjadi orang terkaya ke 377 di dunia. Martua Sitorus  lahir pada tahun 1963 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Ia sarjana ekonomi dari Universitas HKBP Nommensen, Medan. Panggilan masa kecilnya A Hok.

sukanto t5. Sukanto Tanoto
Miliarder Indonesia lainnya yang tercatat sebagai orang terkaya yakni Raja Garuda Emas, Sukanto Tanoto. Forbes menulis Sukanto sebagai orang terkaya kelima di Indonesia.Kekayaannya pada 2012 ditaksir mencapai USD 2,8 miliar. Kekayaannya tersebut diperoleh dari sejumlah perusahaan diantaranya Asia Pacific Resources International Ltd (APRIL) yang bergerak di bidang industri kertas.

Peter Sondakh6. Peter Sondakh
CEO Rajawali Group, Peter Sondakh disebut Forbes sebagai orang terkaya di dunia ke-464 atau sebagai orang terkaya keenam di Indonesia. Kekayaan Peter Sondakh ditaksir mencapai 2,6 miliar dollar Amerika Serikat. Group Rajawali telah bertahun-tahun mencairkan saham di PT Semen Gresik dan perusahaan rokok Bentoel International. Group Rajawali juga bergerak dibidang telekomunikasi, perkebunan, toll, taxi dan lainnya.

7. Achmad Hamami
Majalah Forbes selanjutnya mencatat Achmad Hamami sebagai orang terkaya ketujuh dengan kekayaan senilai 2,2 miliar dollar Amerika Serikat. Ia tercatat sebagai orang terkaya di dunia ke 578. Ahmad Hamami adalah pemilik perusahaan distributor Caterpillar di Indonesia sejak 1971, PT Tiara Marga Trakindo.

8. Sri Prakash Lohia
Pria kelahiran India pada tahun 1952 ini tercatat sebagai orang terkaya ke-8 di Indonesia versi Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 2,0 miliar dari perusahaannya yakni Indorama Corp and Indorama Ventures

9. Chairul Tanjung
Chairul Tanjung memiliki kekayaan sebesar USD 2,0 miliar atau sama dengan kekayaan Sri Prakash Lohia. Pada peringkat orang terkaya di dunia urutannya juga sama dengan Sri Prakash. Chairul Tanjung (CT) Group melalui dua stasiun Tv  besar di Indonesia yakni Trans TV dan Trans7  menjadi salah satu penyumbang kekayaannya.

10. Kiki Barki
Kiki Barki tercatat sebagai orang terkaya ke 10 di Indonesia. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai USD 1,7 miliar dan ia tercatat sebagai orang terkaya ke 764 di dunia versi Forbes. Sumber kekayaannya lebih banyak berasal dari perusahaan Harum Energy.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar